Sejarah Singkat Dihatsu di Indonesia

Sejarah Singkat Dihatsu di Indonesia.
Sejarah Singkat Dihatsu di Indonesia. DAIHATSU Motor Co., Ltd. adalah perusahaan mobil Jepang tertua yang dikenal dengan produk mobilnya yang berukuran kecil atau compact.
Daihatsu berkantor pusat di Ikeda, Prefektur, Osaka. Dengan slogan barunya, “We Do Compact”, produksi tipe lamanya yang terkenal antara lain Taft, dihentikan mulai tahun 2002.

Daihatsu dibentuk ulang pada 1951 sebagai perusahaan penerus dari Hatsudoki. Pada 1960-an, mereka mulai mengekspor mobil ke Eropa meskipun penjualannya tidak begitu bagus.

Sejak Februari 1992, sudah menjadi kebiasaan bagi Toyota untuk memasarkan produk-produk Daihatsu di kawasan Amerika Utara.

Januari 2011, Daihatsu mengumumkan bahwa mereka akan keluar dari pasar Eropa tahun 2013. Hal itu terjadi karena terus menguatnya mata uang yen yang menyebabkan kerugian bagi Daihatsu. Penjualan Daihatsu di Eropa semakin melorot dari sebelumnya 58.000 unit pada 2007 menjadi hanya 19.000 unit tahun 2010.

Pada Agustus 2016, Toyota Motor Corporation mengumumkan bahwa mereka telah membeli seluruh saham Daihatsu 100% yang menjadikan Daihatsu sebagai anak perusahaan penuh dari Toyota.

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) adalah Agen Tunggal Pemegang Merek mobil Daihatsu di Indonesia yang berhak mengimpor, merakit, dan membuat kendaraan bermerk Daihatsu atau Toyota, dan komponen serta bisnis terkait di Indonesia.

ADM merupakan perusahaan joint venture antara Daihatsu Motor Company dengan Astra International yang ada sejak tahun 1978.
Pada 1973 yang menjadi tonggak berdirinya, perusahaan ini mendapatkan hak untuk mengimpor kendaraan Daihatsu ke Indonesia. Tiga tahun kemudian, Astra ditunjuk menjadi agen tunggal , importer, dan distributor tunggal kendaraan Daihatsu di Indonesia.

PT Astra International, Daihatsu Motor Co., Ltd. dan Nichimen Corporation bersama-sama mendirikan pabrik pengepresan plat baja, PT Daihatsu Indonesia pada tahun 1978.

Kemudian pada 1983, pabrik mesin PT Daihatsu Engine Manufacturing Indonesia (DEMI) didirikan. Pada tahun 1987, PT Nasional Astra Motor didirikan sebagai agen tunggal dan pengimpor kendaraan Daihatsu menggantikan posisi PT Astra International.

Kemudian pada tahun 1992, PT Astra Daihatsu Motor didirikan melalui penggabungan 3 perusahaan yaitu PT Daihatsu Indonesia, PT Daihatsu Engine Manufacturing Indonesia, dan PT National Astra Motor.

Dengan slogan barunya, “Innovation for Tommorow”, Astra International berkomitmen mewujudkan inovasi dengan menghasilkan produk-produk berkualitas tinggi yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat luas dan ramah lingkungan.

Astra International memiliki visi yaitu menjadi momor 1 di pasar mobil compact di Indonesia dan sebagai basis produksi global utama untuk Grup Daihatsu/Toyota yang sama dengan standar kualitas pabrik Jepang yang menggerakkan mereka untuk memproduksi mobil compact bernilai terbaik dan menyediakan layanan terkait yang penting bagi peningkatan nilai stakeholder dan ramah lingkungan dan mengembangkan dan memberikan inspirasi kepada karyawan mereka untuk mencapai kinerja tingkat dunia.

Balad Daihatsu 2018

Para pengguna Daihatsu Sigra dapat berkumpul dalam acara bertajuk Balad Daihatsu atau Bandung Lautan Dahatsu pada Sabtu 10 November 2018.

Ajang yang digelar Daihatsu Indonesia dan Pikiran Rakyat itu mengusung tema Sabilulungan Peduli Citarum itu akan dihadiri ribuan pengguna Daihatsu se-Indonesia.

Selain menggalang kepedulian terhadap kondisi Sungai Citarum, acara yang bertempat di Stadion Si Jalak Harupat, Kutawaringin, Kabupaten Bandung itu akan dimeriahkan berbagai kegiatan.

Ada temu komunitas, classic car museum, festival food truck, bazar, youth zone game area, family zone merchandise, berbagai kompetisi, serta pengundian grand prize berupa sepeda motor.

Bagi yang berminat hadir, silakan mendaftar di sini secara gratis. Bagi 5.000 pendaftar pertama, tersedia goodie bag, T-shirt, topi, pin, stiker, car sign board, voucher makan, voucher doorprize, dan voucher grandprize.

Comments

Popular posts from this blog

Minyak Kelapa Bisa Menyingkirkan Keriput

Melambatnya Pertumbuhan Upah, Dolar AS Menurun

Para Pelajar atau Mahasiswa Berhati-Hatilah di Dunia Maya