Para Pelajar atau Mahasiswa Berhati-Hatilah di Dunia Maya

Para Pelajar atau Mahasiswa Berhati-Hatilah di Dunia Maya.
Para Pelajar atau Mahasiswa Berhati-Hatilah di Dunia Maya.
Hasil riset salah satu lembaga survei di Indonesia menyebutkan bahwa masyarakat di era milenial ini menghabiskan lebih dari empat jam dalam sehari untuk berselancar di dunia maya. Namun sayangnya, sebagian besar penggunaan internet tersebut termasuk sia-sia, seperti interaksi berlebihan di sosial media, penyebaran berita hoaks, penggunaan aplikasi hiburan online yang berlebihan, dan sebagainya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa mengungkapkan hal tersebut saat membuka secara resmi Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Ikatan Pelajar Muhammadiyah Jawa Barat, di Pendopo Kabupaten Tasikmalaya, Jum’at 5 Oktober 2018. Sekda Iwa menuturkan, pemberdayaan masyarakat milenial, utamanya generasi muda, sangat penting sebagai salah satu syarat Indonesia menjadi negara nomor tiga di dunia pada 2045.

Untuk itu Iwa berpesan pada para pelajar umumnya, dan kepada Ikatan Pelajar Muhammadiyah khususnya, agar selalu berhati-hati dalam menggunakan internet dan sosial media.



Hasil riset menunjukkan masyarakat milenial saat ini empat jam dalam sehari digunakan untuk pakai internet yang sia-sia. Ini bahaya sekali. Karenanya saya titip pada Ikatan Pelajar Muhammadiyah, pada pelajar seluruhnya, hati-hatilah jika internet-an,” kata Iwa memaparkan. ”Saya melihat semangat ketua panitia dan pelajar disini, saya nggak khawatir. Kalian semua akan menjadi penerus pemimpin yang lebih baik lagi,”ucapnya.

Iwa berharap, Rakorda Ikatan Pelajar Muhammadiyah Jabar ini akan memberikan masukan pada Pemda maupun Pemprov. Menurutnya, masukan-masukan tersebut dapat menjembatani gagasan pelajar dengan keterbukaan pemerintah. Selain itu dapat pula mengasah kemampuan kritisme generasi muda.

Comments

Popular posts from this blog

Minyak Kelapa Bisa Menyingkirkan Keriput

Melambatnya Pertumbuhan Upah, Dolar AS Menurun